Semua Harta kita Hanyalah titipan

AQLpeduli, Khazanah – Semakin kita terlena oleh dunia, semakin itu pula kita hanya mengejar-ngejar dunia. Padahal harta yang kita miliki hanyalah titipan, maka sebaiknya dipakai untuk hal yang bermanfaat.

Banyak orang di luar sana yang lebih kesusahan dari pada kita, lebih melarat dari pada kita, tetapi apakah Kita hanya mengejar dunia dan berseneng-senang saja, sementara mereka disana kesusahan.

Di mana letak hati kemanusiaan kita, di mana kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan kita, apakah masih ada setetes hati murni untuk mereka di luar sana?

Sesungguhnya kekayaan yang kita miliki tidaklah abadi, kekayaan yang kita miliki berasal dari sang ilahi, apakah kita pantas sombong terhadap ini semua?

Marilah merenungkan diri, bahwa harta kekayaan kita bukanlah sejatinya milik kita pribadi, masih ada harta orang lain yang ada pada kita, maka dari itu rajin-rajinlah bersedekah, berinfaq, dan beramal shaleh.

Perlu kita ingat, bahwa setiap makanan yang kita buang, uang yang kita pakai, akan dipertanggung jawabkan di akhirat kelak. maka dari itu manfaatkanlah dengan sebaik-baik mungkin agar harta kita tidak sia-sia.

Ketika kita bersedekah atau pun berinfaq, sungguh itu tidak mengurangi hartamu sedikitpun, bahkan malah akan menambah harta dan juga pahala yang Allah berikan.

Ada sebuah hadits yang mengatakan.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلَّا عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ

Dari Abu Hurairah dari Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim) [No. 2588 Syarh Shahih Muslim] Shahih.

Jangan takut miskin atau pun takut kekurangan harta, karna setiap rezeki Allah sudah mengatutnya, sisa diri kita yang tinggal memanfaatkan dengan baik dan benar. Sekali pun kita memberikan semua harta untuk di jalan Allah, maka itu sama sekali tidak menguranginya sedikitpun, karena Allah akan menggantikannya 2 kali lipat dari itu semua. (Admin)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scan the code