Janji Allah Bagi Orang Yang Sabar Menghadapi Kesulitan

AQL Peduli, Khazanah – Dalam menjalani kehidupan didunia ini setiap orang pasti pernah bahkan sering mengalami kesulitan. Kesulitan yang datang biasanya merupakan ujian atau cobaan yang Allah SWT berikan untuk mengetahui sejauh mana ketakwaan seorang hamba-Nya.

Kesulitan yang dihadapi setiap manusia memiliki tingkatan yang berbeda. Namun, seperti apapun kesulitan itu alangkah lebih baiknya jika kita senantiasa bersabar. sikap sabar perlu diterapkan dalam menerima segala sesuatu yang diberikan Allah kepada kita, baik itu sesuai dengan yang kita inginkan ataupun tidak.

Ujian memang pedih rasanya, tetapi bagi orang-orang yang sabar hal tersebut bukan sebuah masalah lagi karena bisa menghadapinya dengan tenang. Kesabaran yang dimaksud hanya dimikili oleh segelintir orang, mereka yang hatinya senantiasa menyakini bahwa Allah diatas segalanya dan sudah semestinya sebagai manusia khususnya bagi umat muslim, kita perlu memiliki sikap sabar dalam menghadapi ujian tersebut.

Allah swt sangat mencintai orang-orang yang sabar, hikmah dibalik kesabaran adalah kebahagiaan dan Allah akan meninggikan derajat orang yang sabar. Dengan bersabar ganjarannya adalah Surga.

Janji Allah tidak pernah ingkar, jika kita menyakininya. Bahkan sudah dijelaskan dalam Al-Quran setiap kesulitan yang kita hadapi tidak akan lepas dari kemampuan yang kita mikili, hanya saja terkadang kita menyerah lebih dulu, dan lupa akan kasih sayang Allah yang tidak pernah meninggalkan kita.

Kebahagiaan tidak datang dengan sendirinya, karna itu perlu adanya perjuangan yang harus dilalui salah satunya dengan sikap sabar dalam menghadapi ujianNya. Dibalik itu semua Allah swt telah menjanjikan pahala dan ganjaran yang sangat besar.

Berikut Ada beberapa janji Allah untuk hamba-Nya yang bersabar dalam hadapi kesulitan.

1. Mendapatkan ampunan, rahmat dan petunjuk dari Allah SWT

Berbagaicara Allah menurunkan cobaan pada hamba-Nya. maka kita harus bersabar karena Allah akan memberi petunjuk agar keluar dari kesulitan. Tak hanya itu, Allah juga akan memberi rahmat dan ampunannya. Sebagaimana firmanNya yang terdapat dalam Al-Quran.

“Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). Mereka itulah yang memperoleh ampunan dan rahmat dari Tuhannya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (Q.S Al-Baqarah: 155-157).

2. Memperoleh pahala tanpa batas

Dengan bersabar akan membawa kita untuk mendapatkan pahala yang tanpa batas, sebagaimana yang telah di jelaskan dalam Al-Quran surah an-Nahl: 96

“Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

3. Keberuntungan bagi yang bersabar

Dalam menghadapi kesulitan tak hanya dengan bersabar tetapi juga harus diiringi dengan takwa kepada Allah SWT. Niscaya kita akan menjadi orang yang beruntung. Hal ini terdapat dalam Al-Quran surah Ali Imran ayat 200

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.”

4. Diberikan derajat yang tinggi

Buah dari kesabaran itu kelak di surga kita akan mendapat martabat yang tinggi. Allah tidak akan ingkar dari janjinya hal ini Terdapat dalam Al-Quran Al-Furqan: 75

“Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.”

5. Allah bersama hamba-Nya yang sabar

Dan yang terakhir, Ketika kita sedang ditimpa kesulitan orang disekitar seolah menjauh, sehingga kita merasa terkucilkan. Ketahuilah hal tersebut tidak benar. Ada Allah bersama hambaNya jika bersabar. Sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran surah Ali-Imran ayat 146

“Dan berapa banyaknya nabi yang berperang bersama-sama mereka sejumlah besar dari pengikut(nya) yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, dan tidak lesu dan tidak (pula) menyerah (kepada musuh). Allah menyukai orang-orang yang sabar.”

Itulah Janji Allah berikan kepada orang-orang yang senantiasa bersabar dalam kehidupannya. Semoga Allah swt membenamkan sifat sabar kepada jiwa kita, sehingga bisa menjalani kehidupan ini dengan penuh keimanan dan ketakwaan kepada-Nya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scan the code