Keutamaan Sedekah di Hari Jumat

Sedekah merupakan amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam karena memiliki banyak manfaat baik bagi pemberi maupun penerima. Khusus di hari Jumat, sedekah memiliki keutamaan yang lebih dibandingkan hari-hari lainnya. Berikut adalah ulasan mengenai keutamaan sedekah di hari Jumat beserta sumber-sumbernya.

1. Hari Jumat: Hari yang Diberkahi

Hari Jumat dianggap sebagai hari yang paling mulia dalam Islam. Rasulullah SAW bersabda: “Sebaik-baik hari di mana matahari terbit pada hari itu adalah hari Jumat; pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari itu juga ia dikeluarkan darinya.” (HR. Muslim).

Dengan kemuliaan hari Jumat, segala amal kebaikan termasuk sedekah, menjadi lebih bernilai dan diberkahi.

2. Pahala yang Dilipatgandakan

Dalam Islam, segala amal kebaikan di hari Jumat dilipatgandakan pahalanya. Menurut sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang Muslim bersedekah dari hasil usaha yang baik (halal), kecuali bahwa Allah akan menerima sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya, kemudian Dia memeliharanya untuk pemberi sedekah itu sebagaimana salah seorang di antara kalian memelihara anak kudanya sampai menjadi gunung (pahala yang besar).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadits ini menunjukkan bahwa sedekah dari hasil yang baik akan mendapatkan pahala yang besar, apalagi jika dilakukan di hari yang mulia seperti Jumat.

3. Membersihkan Harta dan Jiwa

Sedekah tidak hanya bermanfaat bagi penerima, tetapi juga bagi pemberi. Sedekah membersihkan harta dan jiwa dari sifat kikir dan cinta dunia. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran: “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka…” (QS. At-Taubah: 103).

Ayat ini menegaskan bahwa sedekah berfungsi untuk membersihkan jiwa dan harta, sehingga pelakunya menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

4. Menghindarkan dari Bahaya

Sedekah memiliki kekuatan untuk menolak bala dan musibah. Rasulullah SAW bersabda: “Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api, dan shalat seseorang di tengah malam.” (HR. Tirmidzi).

Hadits ini menunjukkan bahwa sedekah dapat menjadi pelindung dari berbagai macam bahaya dan dosa.

5. Mendapatkan Keberkahan Hidup

Sedekah di hari Jumat juga diyakini membawa keberkahan hidup. Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang mandi pada hari Jumat, kemudian berangkat ke masjid, lalu salat sesuai kemampuan, kemudian diam mendengarkan khutbah hingga selesai, lalu salat bersama imam, maka akan diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat.” (HR. Bukhari).

Hadits ini menunjukkan bahwa melakukan amal kebaikan di hari Jumat, termasuk sedekah, akan membawa keberkahan dan ampunan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Sedekah di hari Jumat memiliki keutamaan yang lebih dibandingkan hari-hari lainnya. Hari Jumat yang diberkahi, pahala yang dilipatgandakan, pembersihan harta dan jiwa, perlindungan dari bahaya, serta mendapatkan keberkahan hidup adalah beberapa keutamaan yang dijanjikan bagi mereka yang bersedekah di hari ini. Oleh karena itu, sebagai umat Muslim, kita hendaknya memanfaatkan momen ini untuk memperbanyak sedekah dan amal kebaikan.

Sumber:

  1. Al-Quran Surat At-Taubah: 103.
  2. Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim.
  3. Hadits Riwayat Tirmidzi.
  4. Hadits Riwayat Muslim.

Dengan memperhatikan sumber-sumber tersebut, kita dapat memahami pentingnya dan manfaat besar dari sedekah di hari Jumat. Semoga kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih dermawan dan mendapatkan berkah dari Allah SWT.

4o

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scan the code