Keutamaan Hari Jumat dalam Islam Menggapai Berkah dan Pahala

Hari Jumat memiliki kedudukan istimewa dalam agama Islam. Sejak zaman Rasulullah Muhammad ﷺ, hari ini telah diangkat sebagai hari yang mulia dan penuh berkah. Di antara keutamaan-keutamaannya yang luar biasa adalah sebagai berikut:

1. Hari Pilihan

Hari Jumat adalah hari yang dipilih Allah SWT sebagai hari khusus bagi umat Islam. Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

“Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.” (Al-Jumu’ah: 9)

Dalam ayat ini, Allah memerintahkan umat Islam untuk meninggalkan urusan dunia saat mendengar seruan untuk menunaikan Salat Jumat, sebagai bentuk penghormatan dan ketaatan kepada-Nya.

2. Makna Khusus dalam Hadis

Dalam hadis riwayat Al-Bukhari dan Muslim, Rasulullah ﷺ bersabda:

“Sebaik-baik hari tempat matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu, Adam diciptakan dan pada hari itu, dia dimasukkan ke dalam Surga, dan pada hari itu dia dikeluarkan dari Surga.”

Hadis ini menegaskan keagungan Hari Jumat, di mana ciptaan manusia dimulai dan sejarah awal umat manusia ditandai dengan peristiwa penting seperti penciptaan Adam dan dimasukkannya ke Surga.

3. Sholat Jumat dan Khutbah

Hari Jumat adalah hari di mana umat Islam berkumpul untuk menunaikan Salat Jumat. Salat Jumat merupakan kewajiban bagi setiap Muslim laki-laki dewasa yang memiliki kemampuan untuk melaksanakannya. Selain itu, khutbah Jumat yang disampaikan oleh imam merupakan sumber ilmu, pengingat, dan motivasi bagi umat Islam.

4. Doa yang Dikabulkan

Rasulullah ﷺ bersabda dalam sebuah hadis:

“Sesungguhnya di dalam hari Jumat itu ada waktu yang tidak seorangpun berdoa kepada Allah untuk suatu kebaikan melainkan Allah akan memberikan kebaikan itu kepadanya, sebagaimana di antara dua waktu salat.”

Ini menunjukkan bahwa Hari Jumat adalah waktu yang istimewa untuk memohon kepada Allah SWT. Doa yang dilakukan dengan sungguh-sungguh pada hari ini memiliki peluang lebih besar untuk dikabulkan oleh-Nya.

5. Amalan Sholawat

Mengirimkan sholawat kepada Nabi Muhammad ﷺ juga memiliki keutamaan khusus pada hari Jumat. Rasulullah ﷺ bersabda:

“Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari Jumat dan malam Jumat, karena amalan kalian diperlihatkan kepadaku pada hari itu.”

Dengan mengirimkan sholawat, umat Islam tidak hanya mendapatkan pahala, tetapi juga mendekatkan diri kepada Rasulullah ﷺ dan meneladani akhlak dan kehidupannya.

Kesimpulan

Hari Jumat adalah hari istimewa dalam agama Islam yang penuh dengan keberkahan dan keutamaan. Umat Islam dianjurkan untuk memanfaatkan hari ini dengan sebaik-baiknya, dengan menunaikan Salat Jumat, mendengarkan khutbah, berdoa, dan mengirimkan sholawat kepada Nabi Muhammad ﷺ. Dengan memperbanyak amalan baik pada hari ini, umat Islam dapat meraih keberkahan dunia dan akhirat serta mendapatkan rahmat Allah SWT.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scan the code