Keutamaan Berqurban

Qurban berarti sedang mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. dan orang yang berkurban, itu berarti sedang melaksanakan ayat washolli lirobbika wanhar. maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah begitu juga orang yang berkurban itu berarti sedang melaksanakan Qul Inna sholati wanusuki wamahyaya wamamati lillahi rabbil alamin. kata-kata nusuk di sini, itu dekat sekali dengan berkurban. walaupun kaitannya misalnya dengan Haji tetapi ini juga bagian daripada Haji katakanlah sesungguhnya sembahyangku, salatku, ibadahku, hidupku dan matiku. hanyalah untuk Allah Tuhan semesta alam. sebagaimana, tertuang dalam al-qur’an surah Al An’am ayat 162 maka, orang yang berkurban sebetulnya sedang beribadah dan melaksanakan ibadah yang agung yang disyariatkan oleh Allah Ta’ala sebagaimana tertuang di dalam 2 ayat tadi. ayo semangat berqurban .

Berqurban memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Berikut adalah beberapa keutamaan berqurban:

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT
    • Berqurban adalah salah satu bentuk ibadah yang bertujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ibadah ini menunjukkan ketaatan dan kepatuhan seorang muslim kepada perintah Allah SWT.
  2. Meneladani Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail AS
    • Berqurban mengingatkan kita pada kisah pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. Ketika Allah memerintahkan Nabi Ibrahim untuk menyembelih putranya, Nabi Ibrahim menunjukkan ketakwaannya dengan siap melaksanakan perintah tersebut. Allah kemudian menggantinya dengan seekor domba sebagai bentuk kasih sayang-Nya.
  3. Menumbuhkan Rasa Empati dan Solidaritas Sosial
    • Daging qurban dibagikan kepada mereka yang membutuhkan, sehingga ibadah ini membantu mengurangi beban mereka yang kurang mampu. Hal ini juga mempererat tali persaudaraan dan solidaritas di antara sesama muslim.
  4. Menghapus Dosa dan Mendapat Pahala yang Besar
    • Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada amalan yang dilakukan oleh anak Adam pada hari raya qurban yang lebih dicintai Allah daripada menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kukunya. Sesungguhnya darah hewan qurban telah ditempatkan di suatu tempat di sisi Allah sebelum darah itu menyentuh bumi. Maka ikhlaskanlah diri kalian untuk berqurban” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah).
  5. Mendapatkan Keberkahan dan Keamanan
    • Melaksanakan qurban juga diharapkan mendatangkan keberkahan dalam hidup dan menjaga keselamatan dari berbagai musibah. Keberkahan ini dapat dirasakan dalam berbagai aspek kehidupan, baik material maupun spiritual.
  6. Memperoleh Ridha Allah SWT
    • Ibadah qurban adalah bentuk ketakwaan dan ketaatan yang mendapatkan ridha Allah SWT. Hal ini juga mencerminkan kepasrahan dan keikhlasan seorang hamba kepada Tuhannya.
  7. Menghidupkan Sunnah Nabi
    • Berqurban adalah salah satu sunnah muakkadah (sunnah yang sangat dianjurkan) yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dengan melaksanakan qurban, kita turut menghidupkan sunnah beliau.

Dengan memahami keutamaan-keutamaan tersebut, semoga kita semakin termotivasi untuk melaksanakan ibadah qurban dengan penuh keikhlasan dan rasa syukur.

Sumber: Ceramah Ustadz Bachtiar Nasir

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top
Scan the code